Harmony Clean Flat Responsive WordPress Blog Theme

ISD : Penduduk,Masyarakat Dan Kebudayaan

6:06 AM Aan Khunaifi 0 Comments Category :

Penduduk, Masyarakat dan Kebudayaan bukan kata-kata asing bagi telinga kita hampir setiap hari kita mendengar diberita penduduk Indonesia masih banyak yang belum merasakan 'bangku sekolah' banyak juga kita mendengar Kebudayaan di Indonesia banyak diklaim oleh negara lain,lalu bagaimana kita menyikapi hal tersebut ?

Penduduk merupakan orang yang mendiami suatu wilayah dalam menetap dan berkembang pada wilayah tersebut dan akhirnya penduduk tesebut terbentuk dan menjadi sebuah masyarakat.
Tidak bisa dipungkiri bahwa setiap tahunnya penduduk di dunia selalu bertambah,semakin banyak penduduk semakin padat suatu wilayah.Hal ini yang membuat penduduk setempat bertransmigrasi dari pulau yang padat penduduknya ke pulau yang masih jarang penduduknya hal ini bisa menciptakan suatu masyarakat baru yang terdiri dari berbagai macam suku,status sosial dan berbagai macam latar belakangnya.

Persebaran penduduk yang masih belum merata di indonesia mempengaruhi tingkat kesejahteraan masyarakatnya.Pulau Jawa merupakan Pulau yang terpadat penduduknya di Indonesia,di sini kita bisa memenuhi segala kebutuhan kita,di banding dengan Pulau Papua yang penduduknya tidak padat,mereka cenderung sulit untuk mendapatkan segala macam kebutuhannya.

Penduduk yang dari berbagai macam ras membentuk suatu masyarakat tentu mempunyai kebudayaan mereka masing-masing.Kebudayaan ini yang harus mereka pertahankan atau bisa di satukan dengan kebudayaan penduduk yang lain.

Untuk Kebudayaan Indonesia sendiri kita harus lebih bisa mencintai dan mempertahankan budaya kita,jangan sampai Kebudayaan yang sudah melekat pada kita tiba-tiba diklaim oleh negara lain.
Dengan berkembangnya dunia tekhnologi saat ini sangat memungkinkan buat kita untuk mempromosikan atau mengenalkan budaya Indonesia kepada dunia luar.

Teknologi yang berkembang terkadang juga membawa hal yang negatif bagi kita,sekarang kita cendrung mengikuti budaya kebarat-baratan,sehingga kita lupa jati diri kita sebagai bangsa Indonesia.
Untungnya sekarang kita sudah mulai bisa menumbuhkan jiwa nasionalisme dengan memakai barang-barang buatan dalam negeri dan lebih bangga dengan menggunakan Batik yang merupakan budaya Indonesia yang sudah diakui dunia keindahannya.

Jadi,masihkah kita harus malu dengan budaya kita sendiri ? kita harus bangga dan semakin menggalakan kebudayaan bangsa dengan mengadakan festival-festival budaya agar kita bisa kenal dengan kebudayaan kita sendiri.


RELATED POSTS

0 comments