Harmony Clean Flat Responsive WordPress Blog Theme

ISD : Individu , Keluarga dan Masyarakat

5:09 AM Aan Khunaifi 0 Comments Category :

Individu merupakan sebutan untuk satu kesatuan yang terbatas,individu adalah seorang manusia yang tidak hanya memiliki peranan khas di dalam lingkungan sosialnya,melainkan juga mempunyai kepribadian serta pola tingkah laku spesifik dirinya.Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan individu adalah keluarga dan masyarakat, keluarga merupakan faktor internal dalam pertumbuhan individu sedangkan masyarakat merupakan faktor eksternal dalam pertumbuhan individu.



Peran keluarga merupakan faktor dasar dalam pembentukan karakter kita sebagai individu,didalam keluarga kita memperoleh gambaran dasar bahwa manusia itu adalah makhluk sosial jadi manusia tidak bisa bersikap individu seterusnya.Peran keluarga dalam hal ini sangat penting kita mulai belajar berinteraksi disini.Keluarga yang harmonis dapat membentuk pribadi kita yang lebih baik ketimbang keluarga yang tidak harmonis.

Apabila kita mempunyai keluarga yang harmonis,kita mendapatkan pelajaran-pelajaran untuk berinteraksi dengan masyarakat dengan baik,perasaan nyaman saat berinteraksi.Sebaliknya suasana keluarga yang tidak harmonis akan menimbulkan sikap buruk bagi individu tersebut,bagi individu yang berada dalam kondisi tersebut mereka cendrung menutup diri,sering merenung dan bersikap pasif.

Peran eksternal dalam pertumbuhan individu adalah masyarakat, ini tidak kalah penting dengan peran keluarga dalam membentuk karakter kita.

Suasana berinteraksi dalam masyarakat terkadang jauh berbeda dengan intraksi dalam keluarga.Masyarakat merupakan lingkungan yang harus dihadapi oleh individu.masyarakat ini sendiri membentuk individu dengan sendirinya,jadi sebagai individu kita harus pintar-pintar dalam bergaul dalam masyarakat agar kita bisa menjadi pribadi yang baik dan berguna buat sesama.

Walaupun didalam kondisi keluarga tidak harmonis kita bisa tetap bisa menjadi pribadi yang baik dengan aktif dalam organisasi masyarakat,kita menyaring hal-hal positif yang berada dalam lingkungan tersebut dan menerapkannya pada kehidupan sehari-hari kita.

Jadi antara Individu ,keluarga dan masyarakat merupakan satu-kesatuan yang tidak bisa dipisahkan,mereka saling keterkaitan antara satu dengan yang lain,tapi ini semua juga tergantung dalam pemikiran individu tersebut untuk  menjadi pribadi yang lebih baik.

RELATED POSTS

0 comments